Rabu, Oktober 15, 2014

Kurikulum



A. Kurikulum Khas
1. Ibadah Praktis
Pengajaran ibadah praktis adalah pengajaran agama yang diorientasikan pada pengamalan agama secara praktis sehingga mudah dilakukan oleh anak dan merupakan pelengkap dan aplikasi dari pembelajaran agama Islam di kelas.

Tujuan / Target
• Siswa hafal dengan baik dan benar doa-doa dalam amaliah sehari-hari
• Siswa hafal dengan baik dan benar surat-surat pendek dalam juz ‘Amma dan ayat- ayat pilihan dalam Al Qur’an
• Siswa terbiasa dengan adab dan tata cara amaliyah ibadah sehari-hari dengan baik dan benar sesuai dengan tuntutan syar’i
• Siswa dapat menghayati bahwa seluruh aktivitas sehari-hari mereka memiliki nilai ibadah pada Allah SWT

Materi
• Doa-doa sehari-hari yang diajarkan oleh Rasululloh SAW
• Surat-surat pendek dalam Juz’Amma
• Ayat-ayat pilihan dalam Al Qur’an
• Adab-adab Amaliyah ibadah

2. Al Quran


Latar Belakang

“Rasululloh SAW bersabda : sebaik-baik kamu adalah yang belajar Al Qur’an dan yang mengajarkannya : (H.R. Muslim)
Sebagai bentuk amalan dari hadist di atas adalah MI Cirenged melaksanakan program pengajaran Al Qur’an sebagai program unggulan dan utama. Hal ini sejalan dengan tujuan YPI Ahmad Hasanudin untuk menyiapkan generasi berakhlaqul karimah dan berprestasi akademis tinggi, sebagai wujud kholifatulloh di muka bumi dengan berpegang teguh kepada ajaran Al Qur’an. Oleh karena itu Al Qur’an harus diajarkan kepada anak didik sedini mungkin secara benar dan tartil serta dengan penuh kesungguhan.
Tujuan dan Target
1. Mendorong siswa untuk lebih mencintai Al Qur’an sebagai bacaan dan pedoman dalam kehidupan sehari-hari
2. Mengajarkan siswa mampu membaca Al Qur’an dengan benar dan tartil
3. Mengajarkan siswa untuk mampu menghafal surat-surat pendek dan surat-surat pilihan dalam Al Qur’an

Program Pengajaran
• Kelas 1 selesai jilid 1 – 3
• Kelas 2 selesai jilid 4 – 6
• Kelas 3 selesai juz 1 – 15 serta Ghoribul Qur’an
• Kelas 4 selesai juz 16 – 30 serta teori tajwid dan dapat mengomentarinya
• Kelas 5 selesai tadarus I, juz 1 – 30 dan memperkuat hafalan surat-surat pendek dari surat Annas – Ad dhuha, persiapan tashih (ujian sertifikasi), serta khataman dan imtihan
• Kelas 6 tadarus II, hafal juz ‘amma

3. Bahasa Arab Tarjamah


Definisi

Bahasa Arab melalui metode tarjamah adalah pengajaran Bahasa Arab dengan menggunakan sistem tarjamah surat-surat Al Qur’an dan doa-doa yang sering dibaca dan dihafal oleh anak

Tujuan/Target
1. Siswa dapat memahami bacaan-bacaan Al Qur’an dari surat-surat pendek maupun ayat-ayat pilihan
2. Siswa mampu memahami bacaan doa sehari-hari
3. Siswa dapat menghayati makna dan hikmah yang terkandung dalam bacaan ayat Al Qur’an dan doa sehari-hari
4. Siswa dapat memahami dasar-dasar Bahasa Arab terutama bahasa Al Qur’an dan do’a Nabi.

Materi
1. Surat-surat pendek juz ‘amma
2. Ayat-ayat pilihan dalam Al Qur’an
3. Do’a-do’a sehari-hari yang diajarkan oleh Rasululloh SAW

4. Perpustakaan

Dalam hal ini perpustakaan MI cirenged telah memperlakukan jam perpustakaan sebagai berikut :
1. Menjadikan jam perpustakaan sebagai bidang studi khususnya di jenjang kelas I dan kelas II
2. Mengkaitkan perpustakaan dengan kegiatan ekstra kurikuler
3. Memadukan kegiatan perpustakaan dengan bidang studi lain. Misalnya tugas-tugas terstruktur yang harus diselesaikan dengan menggunakan koleksi-koleksi pustaka
4. Membuat jadwal kunjungan kelas

5. Life Skill (kecakapan hidup)

Life skill adalah pengajaran kecakapan dasar kehidupan yang difokuskan untuk melatih dan membiasakan kecakapan-kecakapan dasar pada anak sehinga tumbuh kemandirian dalam melayani kebutuhannya sendiri
Tujuan dan Target
a. Siswa memiliki kebiasaan melayani kebutuhan pribadinya
b. Siswa terbiasa mandiri dalam kegiatan baik di sekolah maupun di rumah
Materi
1. Melakukan pekerjaan harian dirumah dan sekolah (melepas, memakai dan melipat baju, makan, minum, membereskan mainan, dll)
2. Toilet training
3. Berkujung ke keluarga lain atau teman
4. Menyiapkan alat sekolah
5. Pergi tidur dan bangun tanpa bantuan.
6. Kurikulum Depdiknas
Kurikulum Depdiknas ini dimodifikasi dan diperkaya sehingga dapat memenuhi kompetensi yang berkualifikasi QA dan standar nasional, meliputi
Mathematic : Menerapkan pembelajaran dengan pendekatan “Realistic Mathematic Education (RME)
IPA / Sain : Menggunakan pendekatan SEQIP dalam proses pengajarannya
Bhs. Inggris : Menekankan pengajaran pada kemampuan komunikasi
Bhs. Indonesia : Menggunakan pendekatan Quantum Teaching dengan mengedepankan dasar berbahasa secara aplikatif
IPS : Menggunakan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) dalam proses pengajarannya.
7. Tenaga Pendidik
Tenaga pendidik yang mendidik dan membina di MI Cirenged memiiki kualifikasi sebagaimana berikut:
1. Lulusan SI dalam dan luar negeri yang lulus seleksi komitmen dan kompetensi
2. Memiliki pengalaman mengajar minimal 5 tahun
3. Seorang Mudaris yang Morobbi (pengajar yang pendidik)
4. Sebagian besar trainer Matematika, Bhs. Indonesia dan IPA dari Jawa Barat

8. Kegiatan Belajar Mengajar
Kegiatan pembelajaran berlangsung mulai 07.10 – 12.45 . Guna memberikan layanan pembelajaran yang dapat mengoptimalkan potensi siswa maka proses PBM dikemas dalam mengelompokkan / membagi siswa berdasar dominasi kecerdasan majemuknya (MI: Multiple Intelligence ) mulai dari kelas 3 sampai dengan 6. Kelas MI dimaksudkan sebagai sarana / kendaraan agar anak dengan potensi MI-nya dapat optimal menyerap materi PBM dan terbentuk sikap dan pola belajarnya yang efektif. MI yang dikembangkan di MI Cirenged meliputi: Logic Mathematic, linguistic dan kinestetik.
Prinsip dan strategi pembelajaran yang digunakan :
a. Learning is easy and fun
Belajar adalah mudah dan menyenangkan
b. All can and will learn
Semua anak dapat dan akan belajar
c. Continuous Progress
Tidak ada anak yang berhenti belajarnya
d. Menekankan “Learn how to learn”
Belajar bagaimana belajar
e. Active Learning
Belajar aktif atau belajar yang berpusat pada siswa.

Tags :

bm

Madrasah Ibtidaiyah Cirenged

Profil Singkat

sekolah yang berkomitmen untuk mencetak siswa JUARA! Jujur, Unggul, Amanah, Berkarakter Rahmatan Lil ‘Alamin

  • MI CIRENGED
  • 11.1.23.20.20.179
  • Tahun 1960
  • TERAKREDITASI B
  • 0266 - 222605